Puan Maharani
Puan Maharani (sumber: Antara)
Acara ini akan dibuka dengan atraksi terjun payung.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga Puan Maharani akan memimpin Apel Siaga PDI Perjuangan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu 10 Juni 2012.

Acara memperingati Bulan Bung Karno ini akan dihadiri 12 ribu kader untuk menerima instruksi mengenai arah PDI Perjuangan ke depan.

"Bulan Bung Karno ini momentum yang baik untuk mengadakan Apel Siaga di Banyumas sebab secara psikologis akan makin kuat konsolidasi internal PDI Perjuangan," kata Puan kepada pers di Jakarta, Sabtu hari ini.

Acara ini akan dibuka dengan atraksi terjun payung. Puan Maharani langsung menjadi inspektur upacara dan memberikan instruksi pada jajaran PDI Perjuangan terkait kondisi bangsa dan politik saat ini.

"PDI Perjuangan harus mengembalikan kepercayaan rakyat Indonesia. Melalui Apel Siaga ini kami ingin teguhkan komitmen dengan langkah yang jelas dan nyata," ujar Puan.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Agustina Wilujeng menjelaskan cara ini merupakan puncak  serangkaian acara memperingati bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah dan  DPC PDI Perjuangan Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk acara terjun payung, kata Agustina, akan hadir 10 penerjun yang terbagi dalam dua sorti penerbangan. "Penerjun payung ini akan dilaksanakan sebelum dan di sela acara apel siaga," kata Agustina.

Dia melanjutkan, sambutan Puan akan mendorong kader banteng untuk menghidupkan kembali spirit ajaran BK yakni menggunakan ideologi Trisakti dalam gerak partai.

Pada kesempatan itu, Agustina menjelaskan DPD PDI  perjuangan Jawa Tengah akan membagikan rekaman pidato Pancasila 1 Juni oleh BK ke sejumlah radio di Jawa Tengah untuk disiarkan.