Selasa, 09 Oktober 2012

Warga pulau Sembilan Fuji Program Pemprov.

 Selasa, 09 Oktober 2012
SINJAI - BAROMETER RAKYAT NEWS: Ratusan warga desa Buhung Pitue, kecamatan pulau sembilan (sabtu/22/9/2012) mengikuti program siaga bencana yang diadakan oleh Dinas Perhubungan  Propinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan yang langsung dipimpin oleh kepala bidang Perhubungan laut bapak H. A. Muh. Anis Asra, SE, M.Si mendapat sambutan antusias dari warga setempat.
Kegiatan ini merupakan program dinas perhubungan laut propinsi sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat untuk senantiasa mengutamakan keselamatannya sebagai nelayan dalam dalam melakukan pekerjaan.
Dalam penjelasanya kepada warga, Kabid perhubungan laut H. A. Muh. Anis Asra, SE, M.Si  menekankan agar nelayan senantiasa mengutamakan keselamatan pada saat melaut sebagai. “kita harapkan nelayan pulau sembilan  senantiasa memperhatikan keselamatan, karena nelayan pulau sembilan merupakan penghasil ikan terbesar disulawasi selatan, sampai ikan yang berskala ekspor dihasilkan oleh nelayan pulau sembilan. Pemerintah propinsi sangat menaruh perhatian kepada masyarakat pulau sembilan.” ujar beliau.
Pertemuan tersebut  dinas perhubungan propinsi memberikan penjelasan tentang upaya-upaya siaga bencana yang perlu dipersiapkan sebelum melaut, mulai dari hal-hal sederhana seperti pemeriksaan kelengkapan sampai penjelasan tentang penggunaan alat-alat bantu yaitu pelampung, skylight, parasut, dan smoke detektif. Pertemuan itu juga sekaligus memberikan bantuan pelampung kepada warga yang hadir. Bantuan pelampung juga akan diberikan kepada warga di pulau yang lain.
Selain dinas perhubungan laut propinsi juga turut hadir dinas perhubungan kabupaten sinjai. Antusiasme warga begitu nampak dengan terus bertambahnya warga yang menghadiri kegiatan tersebut.
Kepala desa Buhung Pitue yang sempat hadir memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. “Kegiatan ini merupakan kebutuhan warga kami karena nelayan saat ini kalau pergi mancari ikan itu sampai mendekati pulau bali dan nusa tenggara, sehingga sangat mengkhawatirkan keselamatan mereka, tetapi kami bersyukur dengan kegiatan yang diadakan oleh dinas perhubungan dipulau sembilan ini yang memang warga kami adalah nelayan.” Tandasnya.
Penyataan yang lain juga disampaikan oleh salah satu tokoh masyarakat, Puang Beddu bahwa nelayan-nelayan disini memang perlu mendapat perhatian. “nelayan-nealayan disini mereka hanya pergi melaut, mereka tidak punya pengetahuan yang cukup tentang cara-cara untuk menyelamatkan diri dan bagaimana caranya kalau tiba-tida ada musibah. Tetapi dengan adanya kegiatan  begini, apalagi kami dikasi lihat alat-alat bantu keselamatan dan langsung diajari maka ini sangat membantu nelayan kami.” Paparnya.
Dalam pemaparanya kabid perhubungan laut propinsi H. A. Muh. Anis Asra, SE, M.Si juga menjelaskan tentang potensi laut sinjai dan rencana pengenbangan sektor kelautan. Menurut beliau perlu perluasan pelabuhan sehingga akses terbuka untuk nelayan dalam melakukan transaksi hasil tangkapanya, yang nantinya akan diharapkan lebih meningkatkan kesejahteraan nelayan. Beliau menambahkan kemungkinan untuk itu sangat memungkinkan, karena beliau sebagai putra asli kabupaten sinjai yang kebetulan menangani urusan tersebut didinas propinsi sulawesi selatan.''(din/jar)

0 komentar:

Posting Komentar