PAN sudah memperjuangkan UKM sejak 2005 sampai sekarang.
POLITIK - BAROMETER RAKYAT NEWS: Partai Amanat Nasional (PAN) membantah bila sedang mencuri start  kampanye pemilu 2014 dengan penyelenggaraan acara yang mendorong pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Bantahan itu ditegaskan Sekjen PAN, Taufik Kurniawan, saat membuka program acara Pasar Anak Negeri, di Jakarta, hari ini. Menurut dia, PAN sudah memperjuangkan UKM sejak 2005 sampai sekarang.

Kalaupun acara yang akan menarik minta banyak pelaku UKM itu dilakukan sekarang, kata Taufik, seharusnya tak dikaitkan dengan Pemilu yang masih berlangsung dua tahun lagi. "Jadi tak ada itu mencuri start kampanye karena acara ini merupakan salah satu program kerja partai," kilah dia.

Bantahan senada diungkapkan, Hafizs Thohir, Ketua Badan Pengembangan  Organisasi dan Keanggotaan DPP PAN, dengan menyatakan bahwa adalah hal wajar kalau ada tudingan diarahkan kepada partainya. Sebab PAN memang sudah punya capres yang sudah dielus-elus, yakni Ketua Umum PAN dan  Menkoperekonomian Hatta Radjasa.

"Tapi apapun itu, yang jelas kami bekerja untuk pembangunan bangsa. Dan  toh ini kami lakukan dan masih jauh-jauh jaraknya dari pemilu," kata adik kandung Ketua Umum PAN Hatta Radjasa itu.

Sebelumnya diberitakan, DPP PAN meluncurkan acara Pasar Anak Negeri sebagai forum bagi UKM di bawah binaan partai itu untuk memasarkan  produk unggulan. Acara diselenggarakan sejak 27-29 Juli mendatang di Istora Senayan,  Jakarta.

Dalam acara itu, akan difasilitasi penjualan produk pilihan karya pelaku UKM di bawah binaan PAN sekaligus beri kesempatan kepada  masyarakat untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik.

Selain diberi bantuan keterampilan dan peningkatan mutu, PAN juga  memberi bantuan pinjaman murah dengan persyaratan mudah kepada para pelaku UKM itu. Sekitar 50 pelaku UKM dari Jakarta sudah dipastikan akan mengikuti acara itu.

Program demikian sebenarnya bukan yang pertama kali dilaksanakan oleh  partai politik. PDI Perjuangan sudah melaksanakannya sejak beberapa  tahun lalu dengan menggandeng para peternak dan petani di berbagai  daerah.

Langkah itu lalu diikuti oleh Partai Golkar, yang membuat program penciptaan wirausahawan kecil di seluruh Indonesia dengan metode  pelatihan hingga pemberian modal kerja.

Terakhir, Partai Demokrat, melalui Ketua Umumnya, Anas Urbaningrum, juga mengumumkan partainya akan segera melaksanakan program membangun wirausahawan, yang bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM yang  dipimpin Syarif Hassan.

Di antara partai itu, baru Golkar dan PAN yang secara terbuka mengumumkan tokoh yang akan mereka usung sebagai capres di 2014, yakni PAN dengan  Ketua Umum Hatta Radjasa dan Golkar dengan Aburizal Bakrie.''(din/jar)