Mengupas Soal Peran Uang Dalam Pilkada
Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan seorang kawan pengusaha di Palu,
Sulawesi Tengah. Kami mengobrol cukup panjang, mulai dari dinamika
politik lokal hingga prospek politik nasional.
Namun ada satu pertanyaan dari beliau yang perlu saya ulas disini. Saya
menilai pertanyaan ini penting diketahui oleh publik, juga sudah banyak
ditanyakan oleh kawan-kawan lain di daerah. Pertanyaan tersebut adalah
soal peran uang dalam Pilkada. Berikut saya cuplik pertanyaan kawan saya
yang dikirim via email....” Mas DendHal penting lainya yang harus diperhatikan adalah "bagaimana
cara memberikan".Kasus di lapangan misalnya seperti ini, ada 2 kandidat di pilkada. Kandidat pertama memberikan uang 50 ribu sementara kandidat kedua tidak memberikan apa2 maka, 90% pemilih akan cenderung memilih kandidat pertama (yg memberikan uang). Namun bila kandidat kedua memberikan uang 10 ribu saja maka kondisi akan berubah. Pengalaman di lapangan, pemilih tidak secara otomatis memilih kandidat pertama yang memberikan uang paling besar. Kecenderungan pemilih akan menjadi 50%-50% atau tidak pasti memilih siapa. Dalama posisi 50-50 ini, faktor "bagaimana cara memberikan" yang akan berperan.
Dalam proses “cara memberikan” dana yang efektif kepada pemilih akan dipengaruhi oleh beberapa faktor penting. Pertama, ketepatan kepada siapa yang diberikan. Ini merupakan faktor sangat penting karena bila kandidat salah sasaran maka apa yang dilakukan kandidat hanya seperti menggarami air lautan saja.
Kedua, menyangkut dalam bentuk apa dana yang diberikan kpd pemilih. Bisa berbentuk uang cash, program, dan barang. Disini kandidat harus tahu betul mana yang paling disukai oleh pemilih sehingga kandadat bisa menghitung ongkos yang akan dikeluarkanya.
Ketiga, menyangkut bagaimana cara kandidat memberikan dana tersebut kepada pemilih. Disini menyangkut bagaimana cara berkomunikasi kandidat dengan pemilih. Ilustrasi singkatnya; kandidat A memberikan sarung dengan cara di lemparkan saja, sementara kandidat B membagi sarung dengan menyapa pemilih. Pemilih akan cenderung memilih kandidat B tentunya.
Keempat, menyangkut soal waktu yang tepat (timing). Soal timing ini menyangkut apakah sebaiknya kandidat mengeluarkan uang hanya pada saat menjelang pilkada atau sering disebut dengan serangan fajar, atau memberikan secara bertahap yang jumlahnya terkontrol.
Kelima, menyangkut siapa yang memberikan. Apakah kandidat perlu memberikan langsung kepada pemilih atau cukup didistribusikan via tim sukses. Bila harus kandidat yang memberikan langsung tentunya akan menyita waktu dan tenaga yang banyak. Tapi bila distribusikan via tim sukses, ditakutkan akan banyak terjadi distorsi dan kebocoran di lapangan.
Inilah lima faktor yang berpengaruh dalam penggunaan uang di pilkada. Ini merupakan hasil pengalaman kami di lapangan selama menjadi menjadi konsultan politik di Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar